Calendar

August 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 << < > >>
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Announce

Who's Online?

Member: 0
Visitor: 1

rss Syndication

Archives

30 May 2016 - 01:26:34 am

Berikut Asal-Usul Nama Daerah Nusantara yang Belum Orang Ketahui

Tidak sedikit metropolitan di Nusantara yang tampaknya kamu sudah jelajahi, tapi sekitar mana engkau mengenal kota-kota tersebut, ataupun setidaknya ilmu sejarah nama-namanya? Melalui tulisan dalam bawah ini, kami sajikan 7 pangkal nama teritori di Nusantara yang padan anda ketahui.

1. Samarinda

Kota berikut dinamai Samarinda, bukan sebab banyak hawa bernama Rinda, tapi berawal dari pertuturan “Sama Rendah”. Awal semula di metropolis ini banyak penduduk yang berasal atas latar belakang yang sama, baik warga asli ataupun pendatang. Kerabat pendatang didominasi orang-orang Bugis dari Sulawesi Selatan, yang bersama-sama orang Wajo menyusun pemukiman dalam sepanjang waduk Mahakam. Tatkala itu tempat tinggal mereka tetap berupa gedung rakit yang harus lahir “Sama Rendah”. Lama kelamaan “Sama Rendah” ini sebagai Samarinda.

2. Salatiga

Salah satu legenda menimbulkan bahwa asal usul kota “Salatiga” diinspirasi sama 3 manusia perampok yang mencoba merangum Sunan Kalijaga yang pusat berada dalam perjalanan. Bentuk lain menuturkan kota berikut dinamakan Salatiga karena terdapat tiga orang-orang yang telah berbuat salah diantaranya Adipati Pandanarang, Nyai Pandanarang, dan penyambar.

3. Pontianak

Kata “Pontianak” adalah Kaidah Melayu dalam Kuntilanak. Dikenal dengan demikian sebab menurut mitos, sebuah rombongan yang dipimpin oleh Syarif Abdurrahman acap diganggu oleh hantu sundal bolong ketika menjejaki Sungai Kapuas. Bahkan Syarif terpaksa mencopot tembakan senapan untuk menurunkan hantu kuntilanak tersebut.

4. Banyuwangi

Konon, dahulu kala lokasi ujung timur Pulau Jawa ini dipimpin oleh seorang raja yang bernama Sultan Sulahkromo. Ia tergila-gila dalam Sri Tanjung, istri patihnya sendiri, yang bernama Penurut Sidopekso. Karena Sri Tanjung tetap menyerbu cintanya, ia memfitnah Sri Tanjung dan mengatakan di Sidopekso kalau dirinya telah berbuat mencong. Sidopekso palak lalu membantai istrinya seorang diri, lalu memberantas mayatnya di sungai. Tak lama setelah itu, dari sungai keluar terbilang harum. Banyu=air, wangi=harum. Dari saat itulah daerah tersebut disebut setaraf Banyuwangi.

5. Malang

Ada legenda menunjukkan Malang bermula dari tanda “Membantah” alias “Menghalang-halangi” (dalam bahasa Jawa berarti Malang). Saat hal itu, Sunan Mataram yang ingin meluaskan pengaruhnya ke Jawa Timur telah mencoba dalam menduduki daerah Malang. Warga daerah tersebut melakukan pertakian perang yang hebat. Soalnya itu Sunan Mataram menganggap bahwa orang kebanyakan daerah ini menghalang-halangi, membantah atau patah pucuk atas penentuan Sunan Mataram. Sejak ini pula lingkungan tersebut berpanggilan Malang.

6. Balikpapan

Rekaan menyebut dalam tahun 1739, Sultan Muhammad Idris dr Kerajaan Kutai, memerintahkan lawan pemukim-pemukim pada sepanjang Teluk Balikpapan bagi menyumbang bakal bangunan kewajiban pembangunan palis baru di Kutai lambat. Sumbangan ini berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa di Kutai Lelet melalui seturut pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping rumah yang kurang (terlepas sepanjang dalam perjalanan) dan perolehan dari pencarian menemukan kalau 10 keping papan ini terhanyut & timbul disuatu tempat yang sekarang dinamakan “Jenebora”. Daripada peristiwa inilah nama Balikpapan itu dikasih (dalam peristilahan bahasa Kutai “Baliklah – papan itu” atau tempat tinggal yang kembali yang tidak sasaran ikut disumbangkan). Ini versi yang dimuat di balikpapan. go. id.

7. Bandung

Legenda mengumumkan nama “Bandung” berasal atas sebuah medium air yang terdiri dari dua kano yang diikat berdampingan yang disebut sampan bandung yang digunakan sama R. Asal usul A. Wiranatakusumah II, untuk melayari sungai Citarum dalam menyelidiki tempat skala kabupaten yang baru bagi menggantikan ibukota yang lambat di Dayeuhkolot.

Nah, ini dia 7 asal usul pamor kota pada Indonesia! Siap lagikah silsilah nama metropolitan yang butuh kami tahu?
Admin · 422 views · 0 comments

Permanent link to full entry

http://whitneybaird0.sosblogs.com/The-first-blog-b1/Berikut-Asal-Usul-Nama-Daerah-Nusantara-yang-Belum-Orang-Ketahui-b1-p54.htm

Comments

No Comment for this post yet...


Leave a comment

New feedback status: Published





Your URL will be displayed.


Please enter the code written in the picture.


Comment text

Options
   (Set cookies for name, e-mail and url)